Screen

Profile

Layout

Direction

Menu Style

Cpanel

Info terkini

  • Gubernur Soekarwo Terima Wahana Tata Nugraha Wiratama 2011

  • Petugas Jembatan Timbang “Ngemel” Bakal Dipecat

  • Sarang Pungli, Jembatan Timbang Jadi Zona Integritas KPK

  • Pengusaha Otobus Gelar Aksi Keselamatan di Jalan

Awasi Pungli di Jembatan Timbang, Pasang JTC Center

  • PDF

SURABAYA – Pungutan liar yang sering dilakukan oleh oknum Dishub di jembatan timbang membuat Dinas Perhubunga Jatim mengambil langkah tegas untuk memperketat pengawasan. Salah satunya adalah dengan memasang Jatim Transportation Control (JTC) Center yang terkoneksi langsung pada CCTV di 20 jembatan timbang di seluruh wilayah Jatim.
Pengawasan ketat yang sudah diuji cobakan, sejak bulan Desember 2011 ini, mampu meningkatkan 40 persen sanksi tilang terhadap kendaraan yang melanggar ketentuan, akibat kelebihan berat beban angkutan. Penegasan ini, disampaikan pada Wakhid, Kadishub dan LLAJ Jatim, saat peresmian JTC Center di gedung Dishub dan LLAJ Jatim, Jl A Yani, Senin (31/10) siang.
"Upaya ini, dilakukan sebagai antisipasi terhadap kejahatan korupsi di jembatan timbang. Untuk itu. Dishub melengkapi sarana dan prasarana dalam pengawasan terhadap pelayanan di jembatan timbang," terang Wakhid.

Wakhid mengatakan, dengan adanya JTC Center, pengawasan terhadap pengemudi dengan petugas jembatan timbang akan semakin mudah. Oleh karenanya, dirinya berharap program JTC Center tersebut mendapat dukungan dari pengusaha atau pelaku bisnis transportasi. "Dishub melengkapi sarana dan prasarana IT di 20 jembatan timbang dengan JTC Center. Setiap saat ada tindakan jika ada pelanggaran, penindakan mana dan didenda berapa, semua riel time. Karena terpantau secara langsung di JTC Center," tegasnya.


Untuk kekurangan sarana dan prasarana, Dishub dan LLAJ Jatim baru memasang 17 CCTV di ruang operasional, sedangkan tiga jembatan timbang belum terpasang CCTV , karena jarak dan posisi wilayah yang jauh sehingga memerlukan perangkat pendukung lainnya. "Tiga wilayah yang belum terpasang yaitu, Widang di Kabupaten Tuban, jembatan timbang Jrengik di Madura, dan jembatan timbang Kali baru di Banyuwangi,” tandasnya.
Untuk memenuhi kebutuhan anggaran alat pemantau di tiga jembatan timbang itu, dishub sudah mengajukan anggaran melalui Perubahan APBD tahun anggaran 2012.
"Kita lakukan untuk memperketat pengawasan, kalau macem-macem bisa dilihat secara langsung. Karena Fungsi jembatan timbang adalah pengendali barang yang diangkut melalui jalur darat," tandas Wakhid. ri

 

Contact us

DINAS PERHUBUNGAN DAN LALULINTAS ANGKUTAN JALAN

PROVINSI JAWA TIMUR

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 268

Telpon (031) 8292276-8291530-8291633-8291380 Fax. (031)8292433

SURABAYA 60236