Screen

Profile

Layout

Direction

Menu Style

Cpanel

Info terkini

  • Gubernur Soekarwo Terima Wahana Tata Nugraha Wiratama 2011

  • Petugas Jembatan Timbang “Ngemel” Bakal Dipecat

  • Sarang Pungli, Jembatan Timbang Jadi Zona Integritas KPK

  • Pengusaha Otobus Gelar Aksi Keselamatan di Jalan

Transportasi Laut

  • PDF
Transportasi laut mempunyai peran sangat penting bagi perekonomian Jawa Timur. Hampir 99% kegiatan ekspor-impor diangkut menggunakan transportasi laut juga sangat penting bagi pergerakan perdagangan antar pulau (dalam negri ) yang dilayani armada pelayanan nasional.

A. Permasalahan
1) Terpuruknya peran armada pelayaran nasional dalam mengangkut muatan, dan belum diberlakukan sepenuhnya azas cabotage.
2) Masih ada biaya ekonomi yang tinggi, dan kurangnya fasilitas prasarana bongkar muat di pelabuhan, menambah beban bagi pengguna jasa yang pada akhirnya menambah biaya bagi masyarakat secara umum.
3) Tingkat kecukupan fasilitas keselamatan pelayaran seperti sarana bantu nafigasi pelayaran ( SBNP) belum memenuhi persyaratan internasional.
B. Sasaran

Sasaran pembangunan transportasi laut yang ingin dicapai adalah :
1) Meningkatkan pangsa pasar armada pelayaran nasional baik untuk angkutan laut dalam negri maupun ekspor-impor
2) Meningkatkan kinerja dan efisiensi pelabuhan, khususnya yang di tangani oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) karena sebagian besar muatan ekspor-impor dan angkutan dalam negri di tanganai oleh pelabuhan yang ada di bawah pengolahan BUMN;
3) Terlengkapinya sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP) dan fasilitas pemeliharaanya.
C. Arah kebijakan
Untuk mewuwjudkan sarana tersebut, pembangunan transportasi laut dilaksanakan dalam kerangka

1) Meningkatkan peran armada pelayaran nasional, baik untuk angkutan dalam negri maupun ekspor-impor dengan memberlakukan azas cabatage. Untuk itu diperlukan dukungan perbankan dalam penyediaan kredit murah bagi peremajaan armada.
2) Mengurangi bahkan menghapus pungutan-pungutan tidak resmi di pelabuhan, sehingga tariff yang ditetapkan otoritas pelabuhan tidak jauh berbeda dengan biaya yang secara riildikeluarkan pengguna jasa kepelabuhan, melalui peningkatan kordinasi bagi semua instansi yang terkait dalam proses bongkar muat barang.
3) Pemenuhan standart pelayaran internasional untuk peningkatan keselamatan pelayaran, baik selama pelayaran maupun saat berlabuh dan bongkar muat di pelabuhan.

Contact us

DINAS PERHUBUNGAN DAN LALULINTAS ANGKUTAN JALAN

PROVINSI JAWA TIMUR

Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 268

Telpon (031) 8292276-8291530-8291633-8291380 Fax. (031)8292433

SURABAYA 60236